Cara Meningkatkan Keterlibatan dalam Acara dengan Media Sosial

  • Home
  • Blog
  • Pick Up
  • Cara Meningkatkan Keterlibatan dalam Acara dengan Media Sosial
Cara Meningkatkan Keterlibatan dalam Acara dengan Media Sosial

Cara Meningkatkan Keterlibatan dalam Acara dengan Media Sosial

Jika Anda bukan salah satunya, bagus! 

Namun, jika Anda juga merasa kesulitan menggunakan media sosial secara efektif untuk pemasaran acara Anda, jangan khawatir. Anda hanya perlu mempraktikkan strategi yang terbukti untuk mendorong keterlibatan di media sosial agar acara Anda sukses. 

Jadi, di sini Anda akan mempelajari cara-cara untuk menguasai pemasaran sebelum, selama, dan sesudah acara guna memanfaatkan kampanye pemasaran acara media sosial secara maksimal. 

Sudah siap? Mari kita mulai!

Bagaimana Melakukan Pemasaran Pra-acara yang Efektif?

“Perencana acara menyatakan bahwa media sosial paling umum digunakan untuk keterlibatan pra-acara, sebesar 89%” – EventManagerBlog

Suatu rasio yang sangat besar memang. 

Sekarang, mari kita bahas cara yang benar untuk melakukannya.

Pilih Platform Media Sosial Sebelumnya

Pertama-tama, Anda harus jelas tentang dua hal.

  1. Bagaimana audiens potensial Anda? Pertama-tama, Anda harus menyusun persona audiens potensial Anda secara mendalam. Ini akan memperjelas “siapa yang menjadi target” .  
  2. Di mana audiens potensial Anda berada? Bila Anda mengetahui platform media sosial mana yang menjadi target audiens Anda, Anda akan menemukan “tempat untuk menargetkan audiens potensial Anda.”

Ingat, ada banyak platform di bawah naungan media sosial – Facebook, LinkedIn, Instagram, dan Twitter, dan masih banyak lagi. Anda harus memilih platform yang memudahkan Anda menjangkau audiens potensial. 

Misalnya, saat kita berbicara tentang politik – Twitter melampaui semua platform lainnya. Begitu pula, untuk industri kecantikan, Instagram adalah platform pilihan Anda.

Meski begitu, rahasianya adalah fokus pada satu atau dua platform, tetapi jangan membatasi diri pada platform tersebut. Memanfaatkan kekuatan semua platform media sosial akan menghasilkan hasil yang lebih besar secara kolektif. 

Kuncinya di sini adalah memahami fokus utama setiap platform untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Contohnya,

Facebook merupakan platform media sosial teratas yang dikenal karena jangkauannya yang luas. Selain itu, jumlah data yang ada pada profil pengguna potensial memudahkan penargetan.

Instagram – Jika berbicara tentang konten visual, tidak ada platform lain yang dapat menyamai potensi Instagram. Jadi, Instagram adalah pilihan terbaik untuk mengunggah gambar menarik untuk kampanye pemasaran acara.

Twitter – Dikenal karena interaksi yang jauh lebih mudah daripada Facebook dan Instagram. Di sini, pemasar acara dapat memulai komunikasi dua arah secara real time.

LinkedIn – Sebagai platform untuk para profesional, LinkedIn paling cocok untuk pemasaran B2B. Selain itu, LinkedIn memudahkan untuk menemukan pembicara tamu, sponsor, dan kolaborasi.

Kiat Pro : Saat melakukan pemasaran acara, analisis diperlukan untuk menemukan di mana audiens Anda paling aktif. Statistik ini memberi Anda wawasan yang mendalam tentang di mana Anda harus memfokuskan upaya Anda. 

Setelah memilih platform, gali strateginya …

Unggah Postingan Teaser untuk Menimbulkan Rasa Penasaran

Anda harus menunjukkan kepada audiens apa yang Anda lakukan, tetapi dengan cara yang menarik. Untuk ini, Anda dapat menggunakan gambar hitung mundur, memposting susunan acara yang kreatif, dan mengumumkan pembicara.

Teaser Media Sosial

Dengan menggunakan teaser dalam strategi media sosial Anda, Anda akan mendapatkan dua manfaat:

  • Mereka menarik perhatian penonton yang sudah ada.
  • Dengan mengungkap hal-hal kecil tentang acara, teaser juga menarik calon peserta.

Kiat Pro:  Jadwalkan posting terlebih dahulu agar pemasaran Anda lebih mudah. ​​Jika Anda memasarkan pada tingkat yang lebih besar, menggunakan penjadwal posting akan sangat membantu. Namun, ingatlah untuk menjawab audiens Anda tepat waktu untuk membangun koneksi yang kuat.

Ciptakan “Urgensi” untuk Mendorong Lebih Banyak Penjualan

Pemasar acara yang baik tahu cara memanfaatkan kelangkaan untuk keuntungan mereka. Jadilah salah satu dari mereka!

“Kehadiran timer saja sudah menghasilkan peningkatan konversi sebesar 8,6%.”  Bussiness2Community

Memberikan diskon awal dengan tenggat waktu yang pendek dan memberikan pengingat di akhir hari pendaftaran dapat mendongkrak penjualan Anda secara eksponensial.

Menjual tiket Anda lebih awal juga dapat menciptakan perbincangan tentang acara mendatang Anda di media sosial. 

Bagaimana?

Saat ini, peserta suka membagikan tiket mereka di media sosial. Ini akan berfungsi sebagai pemasaran gratis untuk Anda. Postingan ini akan mendatangkan lebih banyak peserta, yang pada akhirnya akan menghasilkan kesuksesan pemasaran acara yang besar.

Perluas Jangkauan Organik dengan Memberikan Hadiah Gratis

Hadiah Gratis untuk keterlibatan

Saat memasarkan acara Anda, menawarkan hadiah gratis dapat menghasilkan ROI yang besar.

Anda dapat melakukannya dengan menawarkan tiket gratis, menyediakan tunjangan perjalanan, atau memberikan kesempatan kepada audiens Anda untuk bertemu pembicara terkenal secara pribadi. 

Namun, apa yang akan Anda tetapkan sebagai kualifikasi hadiah?

Alih-alih melakukannya secara acak, tetapkan kriteria pembagian, tag, dan komentar untuk memenuhi syarat. Taktik ini akan membantu Anda menjangkau ribuan calon peserta dengan cepat.

Kiat Pro: Waktu adalah hal terpenting dalam pemberian hadiah. Jangan buat tenggat waktu terlalu pendek sehingga peserta tidak punya waktu untuk berpartisipasi. Begitu pula, jangan membuatnya terlalu lama karena akan kehilangan daya tariknya. Berikan jeda di antaranya. Dalam hal ini, cerita atau tenggat waktu 24 jam akan berfungsi dengan baik.

Memanfaatkan Penggemar Pembicara, Sponsor, dan Influencer yang Relevan

Acara-acara besar dilakukan dengan kolaborasi, begitu pula pemasarannya.

Ingatlah untuk memanfaatkan penggemar yang terdiri dari pembicara, sponsor, dan influencer untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Libatkan mereka semua dalam kampanye pemasaran acara Anda. 

Bagaimana Anda melakukannya?

Berikan mereka kemudahan. 

Cobalah untuk membekali mereka dengan postingan media sosial sehingga mereka dapat dengan mudah berbagi.

Selain itu, libatkan juga influencer lain yang relevan yang tidak berpartisipasi langsung dalam acara tersebut. Ini akan memperluas jangkauan Anda ke audiens potensial. 

Kiat Pro: Berikan mereka insentif sebagai balasannya. Berbagi kode promo dengan mereka adalah strategi yang lebih mudah dan efektif. Dengan demikian, mereka akan memberikan nilai tambah pada jaringan mereka. Pada saat yang sama, pesan Anda akan menjangkau audiens yang lebih luas. Sama-sama menguntungkan.

Bagikan Pandangan di Balik Layar yang Memicu Kegembiraan

Saat ini, berbagi konten di balik layar adalah cara hebat untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens.

Itu membuat mereka merasa menjadi bagian dari prosesnya.

Cobalah untuk membumbui konten tersebut dengan kesenangan. 

“Buat video di balik layar yang mendidik, lucu, dan/atau emosional sebagai bagian dari strategi video sosial Anda. Jangan hanya membicarakan merek Anda.” – SociallySorted

Kreativitas tidak ada batasnya. Namun, beberapa ide akan membantu Anda memulai:

Wawancara: Anda dapat mewawancarai pembicara, pembawa acara, dan tim Anda. Di sini, keluar dari zona profesional sama sekali tidak ada salahnya. Sebaliknya, mengungkap sisi lucu dari narasumber akan meningkatkan jumlah share. 

Akses ruang tunggu VIP: Penonton senang melihat konten eksklusif. Jadi, mengapa tidak berbagi area VIP atau area belakang panggung dengan mereka? 

Obrolan seru dengan para Koki: Anda dapat mewawancarai para koki. Mengungkapkan beberapa hidangan lezat dari menu Anda dapat membuat para pecinta kuliner benar-benar bersemangat.

Jangan berhenti pada pemasaran pra-acara. Anda juga harus memberi perhatian khusus pada pemasaran “selama acara” untuk memperkuat kredibilitas Anda di seluruh platform media sosial!

Bagaimana Melakukan Pemasaran Selama Acara?

Mari belajar cara menguasainya.

Berikan Pembaruan Langsung tentang Pengelola Media Sosial Anda

Melakukan siaran langsung pada pengelola media sosial akan meningkatkan keterlibatan. 

“82% orang lebih menyukai video langsung dari suatu merek daripada postingan media sosial standar.”

Bersamaan dengan itu, mengunggah klip video peserta atau berbagi momen mendebarkan juga merupakan ide bagus untuk membuat calon audiens tetap tertarik.

Desain Pertanyaan Interaktif dan Polling yang Berpendapat 

Mengajukan pertanyaan kepada peserta tentang event handler dapat meningkatkan keterlibatan. Namun, cobalah untuk membuat mereka layak untuk memberikan pendapat.

Daripada bersikap ilmiah, cobalah untuk membahas topik-topik yang menyenangkan, seperti:

  • Siapa pembicara favorit Anda?
  • Apa hidangan paling lezat di menu kita?

Selain itu, tunjuk beberapa anggota tim Anda untuk menjawab pertanyaan peserta saat itu juga. Jika tidak, komunikasi satu arah akan membuat mereka tidak tertarik. 

Gunakan Photo Booth untuk Memperkuat Kampanye Pemasaran Anda

Saat ini, para peserta membagikan foto-foto mereka saat menghadiri acara di media sosial. Jadi, mengapa tidak memberi mereka stan foto keren yang mewakili merek Anda?

Anda dapat menempatkan logo Anda yang menonjol di latar belakang beserta penyebutan sponsor. Dengan demikian, merek Anda akan dipromosikan secara tidak langsung melalui setiap foto yang diunggah di media sosial. 

Kampanye Pemasaran untuk Media Sosial
Sumber: TapSnap

Selain itu, untuk meningkatkan pemasaran acara, Anda dapat menambahkan garis-garis merek di bagian bawah gambar yang akan Anda unggah di akun media sosial Anda.

Bagikan Kata-kata Pembicara untuk Mendorong Berbagi

Jika Anda memiliki beberapa tokoh terkenal, postinglah pidato utama dari para pembicara . Ini adalah taktik pemasaran acara yang luar biasa untuk mendorong keterlibatan. 

Bersamaan dengan tagar pemasaran Anda , menandai akun resmi pembicara dapat membuat konten Anda viral.

Setelah pemasaran pra-acara dan selama-acara, haruskah Anda melakukan pemasaran pasca-acara juga? 

Kenapa tidak! Ini akan menjadi dasar untuk acara Anda berikutnya.

Bagaimana Anda Dapat Melakukan Pemasaran Pasca-Acara?

Berikut adalah beberapa kiat yang terbukti untuk mempromosikan acara Anda di media sosial setelah acara selesai. 

Dapatkan Penyebutan Merek untuk Membagikan Ulang Testimoni Terbaik

Setelah acara, Anda harus menarik perhatian orang-orang terhadap merek Anda di media sosial. Ini akan membantu Anda mengumpulkan ulasan terbaik dengan segera. 

Apa berikutnya?

Berikan komentar pada postingan tersebut dan bagikan ulang konten tersebut di akun media sosial Anda. Dengan memberi tahu audiens tentang kualitas karya Anda, Anda akan membangun kredibilitas. 

Rayakan Liputan Pers

Liputan pers memainkan peran penting dalam pemasaran pasca-acara. Jadi, segera cari semua siaran pers yang bagus.

Mempostingnya di media sosial akan membantu Anda menciptakan perbincangan. 

Kiat Pro: Jika Anda tidak yakin untuk mendapatkan liputan pers, mengundang wartawan dapat membantu. Melibatkan mereka akan memperkuat kampanye pemasaran acara Anda.

Meminta Umpan Balik Secara Eksplisit 

Meminta masukan di akun media sosial akan memulai komunikasi dua arah. Namun, ingatlah bahwa Anda mungkin juga harus menghadapi kritik. 

Jadi, bersiaplah!

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mendedikasikan beberapa anggota tim untuk menanggapi umpan balik dengan tepat waktu. Dan berikan perhatian khusus kepada para pengkritik. Buat mereka merasa didengarkan . 

Anda juga dapat menggunakan ulasan ini sebagai survei untuk membuat acara mendatang Anda lebih baik.

Leave A Comment

Buka chat
1
Butuh Bantuan?
Scan the code
Halo 👋
Ada yang bisa kami bantu?