Mengapa Branding Acara Bisa Menjadi Investasi Pemasaran Terbaik Anda

  • Home
  • Blog
  • Pick Up
  • Mengapa Branding Acara Bisa Menjadi Investasi Pemasaran Terbaik Anda
Mengapa Branding Acara Bisa Menjadi Investasi Pemasaran Terbaik Anda

Mengapa Branding Acara Bisa Menjadi Investasi Pemasaran Terbaik Anda

Apa yang membuat sebuah merek dikenal? Apakah layanan atau produknya? Mungkin nilai dan personelnya? Tanpa mengabaikan perusahaan yang membangun dan memperjuangkan hal-hal yang luar biasa, ingatan instan sering kali hanya memiliki satu pendorong: pencitraan merek.

Ketika kita berpikir tentang Apple, Nike, dan Uber, kita berpikir tentang logo. Lihatlah lebih dalam – mungkin ke lingkungan toko. Dipenuhi dengan barang-barang “asli” dalam kaus biru, toko Apple tidak seperti yang lain. Nike memilih tema oranye dan putih, sementara Adidas lebih menyukai campuran hitam, abu-abu, dan putih.

Setiap hari kita membuat keputusan sadar untuk berpakaian dan menata diri dengan cara tertentu; untuk bertindak dengan cara tertentu. Sebenarnya, kita semua membutuhkan identitas untuk membedakan kita dari yang lain. Acara Anda seharusnya tidak berbeda.

Mengapa saya perlu branding untuk acara saya?

Pencitraan merek memiliki dampak besar pada ingatan seseorang akan pengalaman dan momen. Kita sering lupa bahwa beberapa delegasi akan menghadiri beberapa acara setiap minggu, yang mengakibatkan hampir 100 acara dalam setahun.

Sekarang pikirkan tentang kemungkinan acara Anda menjadi acara yang mereka ingat dibandingkan dengan puluhan konferensi, pameran, atau pertemuan serupa. Untuk meningkatkan peluang ini, Anda perlu memberikan sinyal dan petunjuk yang menyatakan kehadiran dan identitas. Branding acara adalah cara untuk melakukannya.

Apa itu branding acara?

Menurut “the branding journal” (sumber khusus, saya yakin Anda akan setuju),

Branding adalah proses pemberian makna pada suatu organisasi, perusahaan, produk atau layanan tertentu dengan menciptakan dan membentuk merek di benak konsumen.

Intinya, pencitraan merek membantu pelanggan mengidentifikasi dengan cepat suatu organisasi (dalam hal ini, acara Anda) dan setiap elemen penting dari pengalamannya.

Merek harus ada di mana-mana – dalam bahasa Anda, situs web Anda, dan iklan Anda. Di acara itu sendiri, merek Anda harus ditampilkan di samping pesan-pesan di layar, tali gantungan, dan papan tanda. Setiap kali Anda perlu mengatakan sesuatu, Anda harus selalu menjaga agar tetap “sesuai merek”.

Di mana saya memulai dengan branding acara?

Perjalanan Anda untuk menciptakan merek yang sukses harus dimulai dengan tiga elemen: yaitu, logo, skema warna, dan ide yang jelas tentang pesan yang ingin Anda sampaikan.

Ada begitu banyak keputusan yang harus diambil pada titik ini; masing-masing keputusan memiliki bobot yang sama besarnya. Berikut ini beberapa pertanyaan yang perlu Anda ajukan kepada diri sendiri:

  • Jenis acara apakah kami?
  • Apa yang kami wakili?
  • Apakah kita masih muda atau lebih bersifat korporat/profesional?

Dalam hal tempat-tempat yang membutuhkan branding acara, kami tidak dapat melihat lebih jauh dari situs web dan aplikasi resmi. Anda tidak akan percaya banyaknya acara yang masih mengarahkan kami ke formulir teks biasa dan generik saat memesan tiket. Aplikasi mereka bahkan lebih buruk – cangkang kosong, dibuat untuk melayani suatu tujuan tanpa kualitas pengalaman. Jangan seperti orang-orang ini.

Hidupkan aplikasi dan situs web Anda dengan logo, warna, konten, dan pesan yang disetujui. Ini adalah titik kontak yang akan berinteraksi dengan setiap peserta, jadi Anda harus membuatnya dengan benar.

Semua iklan harus menampilkan tema yang disepakati bersama, beserta slogan yang menunjukkan secara ringkas acara Anda. Idealnya, Anda akan memiliki desainer yang sama yang membuat serangkaian aset untuk digunakan dengan berbagai saluran. Untuk iklan yang diluncurkan mendekati acara, ingatlah versi sebelumnya.

lencana acara

Dalam hal persyaratan di tempat, yang terpenting adalah di mana merek Anda cocok. Layar, lencana, dan papan nama merupakan pilihan yang populer. Anda juga perlu mempertimbangkan detail-detail kecil, seperti hadiah untuk peserta. Kami pernah melihat sebuah firma keamanan siber membagikan gembok koper di acara mereka. Jika bermerek lengkap, gembok ini dapat tetap berada di koper klien potensial selama puluhan tahun.

Saran terakhir

Semoga Anda kini telah memahami ide tentang branding acara. Saat Anda menjalani transisi dari yang umum menjadi unik, harap pertimbangkan lima poin berikut:

  • Gunakan pencitraan merek untuk menunjukkan siapa Anda – Ini bisa mewakili kesan pertama Anda.
  • Jadilah berbeda – Semua orang sudah diambil!
  • Jaga konsistensi di semua saluran – Merek yang solid dibangun atas pesan yang jelas dan koheren.
  • Koordinasikan iklan Anda secara berkelompok – Hindari ketidakkonsistenan dengan merencanakan aset kreatif Anda jauh-jauh hari.
  • Jangan lupakan aplikasi dan situs web Anda – Keduanya merupakan landasan pengalaman orang-orang terhadap acara Anda.

Leave A Comment

Buka chat
1
Butuh Bantuan?
Scan the code
Halo 👋
Ada yang bisa kami bantu?