
Strategi Pemasaran Acara untuk Mendapatkan Kesadaran, Viralitas, dan Penjualan
Acara membutuhkan audiens, dan audiens tersebut membutuhkan cara untuk menemukan acara. Hubungan tersebut sering kali terjalin melalui pemasaran, yang menempatkan acara Anda di hadapan orang-orang yang kemungkinan besar akan menghadirinya. Strategi pemasaran acara cenderung menjangkau banyak saluran dan kami tidak dapat menekankan pentingnya menyebarkan jaring Anda secara luas. Jika Anda menempatkan seluruh waktu dan anggaran Anda di satu tempat (misalnya satu majalah atau situs web), Anda dapat membuat diri Anda gagal.
Dengan mengingat hal itu, kami memutuskan untuk menyusun beberapa strategi pemasaran acara yang berbeda untuk membantu Anda menghasilkan hasil sepanjang fase perencanaan.
Strategi pemasaran acara untuk meningkatkan kesadaran
Acara baru selalu membutuhkan bantuan untuk membangun merek mereka dan mengangkat diri mereka di atas pesaing mana pun. Penjualan tiket dan sponsor memberikan angka pada laba bersih. Namun, itu dimulai dengan menciptakan kesadaran di bagian atas corong, saat orang baru belajar tentang apa yang dapat Anda tawarkan.
Berikut ini beberapa taktik yang dapat dieksplorasi:
- Iklan display konvensional : Membayar untuk tayangan iklan display adalah cara yang hemat biaya untuk menarik banyak perhatian pada acara Anda. Anda harus menemukan situs dengan audiens yang terlibat, dan jangan terlalu khawatir tentang tingkat lalu lintas mereka. Kualitas lebih baik daripada kuantitas dalam hal pemasaran acara, dan Anda hanya akan membayar untuk penayangan yang Anda terima.
- Penargetan ulang: Saat orang meninggalkan situs web Anda, Anda harus menindaklanjuti minat mereka dengan penargetan ulang. Tersedia di sebagian besar platform iklan, ini memberi Anda kesempatan untuk menjangkau orang yang telah melihat halaman Anda, menaruh tiket di keranjang mereka, dan gagal menyelesaikan pembayaran.
- Konten bersponsor: Editorial organik tanpa biaya adalah hal yang paling penting untuk acara. Namun, jika Anda benar-benar ingin menjabarkan semuanya dengan cara Anda sendiri, sebaiknya Anda tidak berinvestasi pada konten bersponsor. Ini akan meningkatkan kesadaran dan pada poin-poin yang ingin Anda fokuskan.
Strategi pemasaran acara untuk dorongan sosial
Kuasai seni promosi sosial dan Anda akan berpeluang menjadi viral, secara relatif.
Sebagai pengingat, Facebook dan Twitter tidak lagi eksklusif untuk generasi muda – Anda akan menemukan sebagian besar audiens Anda di platform ini. Tentu saja, jika Anda ingin menarik lebih banyak audiens korporat, Linkedin adalah pilihan terbaik Anda. Berikut adalah beberapa kiat yang perlu dipertimbangkan:
- Iklan berbayar: Setiap jejaring sosial menawarkan alat iklan berbayar yang memungkinkan Anda untuk menyebarkan posting tertentu ke audiens yang sangat spesifik. Di Facebook , misalnya, jika Anda ingin menjangkau seseorang berusia antara 30-40 tahun yang bekerja di bidang keuangan dan tinggal di Boston, Anda dapat melakukannya. Strategi media sosial yang efektif akan bergantung pada campuran peluang organik dan berbayar untuk mendorong hasil.
- Kompetisi: Mengundang pengikut Facebook atau Twitter Anda untuk “menyukai dan berbagi” untuk mendapatkan kesempatan memenangkan tiket atau hadiah akan membuka acara Anda bagi audiens yang sama sekali baru. Mereka mungkin membagikan kiriman yang sama dengan koneksi mereka, yang akan mengulangi gerakan tersebut, dan seterusnya. Jika dilakukan dengan benar, kompetisi adalah cara yang mudah dan hemat biaya untuk menghasilkan kesan dan minat.
- Influencer: Jika Anda memiliki sponsor, peserta pameran, atau pembicara dengan banyak pengikut di profil sosial mereka, Anda harus mencari cara untuk memasukkan acara Anda ke linimasa mereka. Karena daya tarik influencer, pembicara utama sering kali mencantumkan postingan sosial dalam perjanjian mereka dengan acara.
Strategi pemasaran acara untuk mendorong penjualan tiket
Strategi pemasaran acara cenderung terdiri dari campuran aktivitas dengan saluran penjualan tinggi dan rendah. Yang terakhir akan mengambil pendekatan yang lebih berorientasi pada hasil dan penjualan, membantu Anda mendatangkan peserta tersebut. Berikut adalah kiat utama kami untuk mendorong penjualan:
- Pemasaran melalui email: Email memberikan dampak di setiap tahap perjalanan pelanggan. Selain melibatkan audiens yang ada, Anda dapat menggunakannya dengan cara yang sama seperti pemasaran ulang dengan mendorong mereka yang tidak hadir, serta mereka yang pernah hadir, untuk memesan tiket mereka.
- Pencarian berbayar: Bagi orang yang mencari acara Anda menggunakan istilah yang tidak jelas (misalnya “acara industri keuangan Inggris”), cobalah untuk menarik lalu lintas mereka melalui pencarian berbayar, yang akan memberi Anda salah satu tempat teratas di halaman hasil mereka. Jangan lupa untuk membuat landing page khusus bagi pengguna ini untuk meringkas semua yang perlu mereka ketahui, lengkap dengan ajakan bertindak yang kuat.
- Rekomendasi peserta: Banyak acara memiliki program referensi di mana peserta yang sudah ada dapat memperoleh hadiah (misalnya voucher hadiah, fasilitas gratis di acara tersebut) dengan meminta teman mereka membeli tiket. Anggap saja ini sebagai versi yang lebih langsung dari contoh kompetisi kami.