
Apa itu Event Marketing? Memahami Dasar-Dasarnya
Apa itu pemasaran acara? Dengan sedikit keberuntungan, Anda tidak akan menanyakan pertanyaan ini di tengah aula pameran yang kosong. Pemasaran acara adalah proses menjual konferensi, rapat, pameran, atau hari pelatihan Anda kepada calon peserta.
Kecuali jika Anda menyelenggarakan sesuatu yang benar-benar tertarget dan khusus, acara Anda akan menarik banyak orang. Namun, hal ini tidak selalu mudah dilakukan. Orang-orang memiliki kehidupan yang sibuk; waktu luang mereka terbatas. Ditambah lagi, mengingat banyaknya acara yang berlangsung selama seminggu, kemungkinan besar ada hal lain yang menarik perhatian mereka.
Apa itu pemasaran acara? Secara sepintas, pemasaran acara menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin diajukan peserta mengenai acara Anda, seperti:
- Mengapa peristiwa ini penting?
- Mengapa saya perlu menghadiri acara Anda dan bukan acara orang lain?
- Apa manfaat acara ini bagi saya?
Sekarang mari kita lihat beberapa cara untuk menyampaikannya kepada peserta.
Apa itu pemasaran acara? – Pesannya
Untuk memasarkan acara Anda, Anda perlu menguraikan pesan inti Anda. Hal ini dapat berkisar pada jenis acara yang Anda selenggarakan ( “konferensi terbesar di dunia untuk para profesional pemasaran”), jumlah peserta yang terlibat (“5.000 peserta, 200+ sesi kepemimpinan pemikiran, 500 peserta pameran” ), pembicara dan kegiatan yang telah Anda siapkan, atau fitur penting lainnya.
Hal ini dapat menjadi semacam latihan mencentang kotak. Anda perlu memberi tahu peserta Anda ‘apa, di mana, dan kapan’, jika tidak mereka akan sedikit bingung.
Namun, Anda bisa bersikap sangat taktis dalam cara Anda menyampaikan informasi tertentu. Selain rincian dasar seputar tempat dan tanggal, pastikan untuk menyertakan faktor-faktor yang membedakan (misalnya mengapa acara tersebut merupakan yang terbaik, atau satu-satunya acara sejenisnya) dan keuntungan bagi peserta (misalnya “menambah pengetahuan Anda”, “bertemu dengan klien Anda berikutnya”). Apa yang sebenarnya diinginkan audiens dari Anda ?
Apa itu pemasaran acara? – Salurannya
Setelah Anda memiliki pesan, saatnya memilih metode untuk mengomunikasikannya. Beberapa saluran pemasaran terbaik untuk acara meliputi media sosial, iklan bergambar, pencarian berbayar, pemasaran melalui email, dan media cetak.
Beberapa tahun lalu, kami menyarankan untuk tetap menggunakan beberapa saluran saja. Untuk acara yang melibatkan anak muda, itu berarti promosi melalui Facebook dan Instagram. Sesuatu yang lebih korporat akan lebih cocok untuk media cetak.
Mengingat banyaknya acara yang mencoba menjangkau audiens baru secara daring, Anda harus terbuka terhadap berbagai pendekatan. Misalnya, jika Anda melihat bahwa influencer terbesar di industri Anda memiliki akun Instagram dengan daftar pengikut yang relevan, Anda tidak perlu terlalu memikirkan apakah acara Anda ‘tepat’ untuk saluran tersebut; Anda harus menargetkan mereka saja.
Platform Pemasaran
EventsCase adalah pendukung pendekatan multisaluran. Berinvestasi dalam banyak aktivitas yang berbeda akan membantu Anda mencapai banyak sasaran yang berbeda, sehingga memungkinkan Anda membangun kesadaran, keterlibatan, dan, akhirnya, penjualan.
Berikut adalah beberapa platform terbaik untuk memasarkan acara Anda , lengkap dengan perannya:
- Jejaring sosial – Terutama digunakan untuk membangun kesadaran melalui aktivitas berbayar dan tidak berbayar, Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk membangun keterlibatan dengan peserta yang ada.
- Iklan bergambar – Spanduk daring dapat dinilai berdasarkan kesadaran saat ditayangkan kepada prospek baru, dan penjualan saat didorong oleh iklan yang ditargetkan ulang – ditayangkan kepada orang-orang yang telah meninggalkan situs web Anda.
- Media cetak – Iklan dan editorial dalam sumber cetak terutama digunakan untuk meningkatkan kesadaran. Namun, Anda dapat menggunakannya untuk menyiarkan penawaran eksklusif untuk tiket (misalnya, “gunakan kode ‘MYGREATEVENT10’ untuk mendapatkan diskon 10% untuk tiket masuk”).
- Pemasaran melalui email – Bagi orang yang belum memesan tiket, email Anda harus digunakan untuk mendorong penjualan. Bagi mereka yang sudah memesan tiket, Anda ingin mendorong keterlibatan dan pengetahuan seputar acara Anda. Email memerlukan pendekatan pengukuran bertingkat.
Apa itu pemasaran acara, dan mengapa itu penting?
Kita kini mengetahui cara kerja pemasaran acara dan apa saja yang terlibat di dalamnya. Namun, hanya Anda yang dapat memanfaatkan pengetahuan ini.
Pemasaran menghabiskan waktu, tenaga, dan uang, yang dapat membuat sebagian orang enggan. Menurut kami, setiap acara memerlukan bantuan untuk mencapai potensinya. Dengan mengalokasikan lebih banyak anggaran untuk pemasaran, Anda dapat:
- Tampillah menonjol di antara pesaing Anda dengan berbicara lantang dan lebih sering kepada audiens Anda.
- Dorong keterlibatan dengan peserta yang ada, ubah mereka menjadi pendukung merek dan pengunjung tetap.
- Kembangkan suara untuk acara Anda untuk menunjukkan mengapa acara itu penting.
- Bangun merek yang dikenal orang.
Pemasaran bukan hanya tentang menjual tiket. Pemasaran adalah cara bagi Anda untuk membangun komunitas, penggemar, dan sebagai hasilnya, acara yang lebih bernilai. Dengan melakukan ini, Anda dapat membuka jalan menuju kesuksesan jangka panjang.