
Cara Mempromosikan Acara Melalui Saluran Online
Tugas mempromosikan acara telah berkembang secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Media cetak dan papan reklame tetap menjadi kunci untuk meningkatkan kesadaran terhadap jenis acara tertentu. Namun mengingat kekuatan penargetan saluran daring, hal ini mungkin akan segera berubah.
Media sosial, tampilan daring, pencarian berbayar, penargetan ulang – jika kata-kata ini tidak berarti apa-apa bagi penyelenggara Anda, Anda pasti harus mengejar ketertinggalan.
Platform EventsCase digunakan untuk mendukung kampanye pemasaran bagi perusahaan besar dan kecil. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mempromosikan acara di dunia yang semakin terhubung saat ini, lihat ulasan saluran demi saluran kami.
Cara mempromosikan acara melalui media sosial
Jika Anda ingin menggunakan media sosial untuk menarik audiens, Anda perlu mengetahui saluran yang Anda gunakan. Pilihan utama Anda adalah:
- Twitter umumnya lebih disukai oleh audiens yang lebih muda dan ideal untuk mempromosikan acara B2C, seperti festival musik dan konvensi. Meskipun Twitter dapat membantu Anda dalam fase promosi, penyelenggara cenderung menggunakannya sebagai saluran keterlibatan saat acara mereka benar-benar berlangsung.
- Facebook memungkinkan Anda membuat daftar acara dan mengundang orang ke acara tersebut. Ini menciptakan grup khusus untuk berbagi informasi terkini dan mempromosikan hal-hal tambahan, seperti tiket VIP.
- Sebagai jaringan sosial B2B, Linkedin sangat populer di acara-acara yang perlu menjangkau orang-orang di perusahaan tertentu. Linkedin memiliki sejumlah opsi periklanan untuk memfasilitasi koneksi ini.
Setiap jaringan memiliki caranya sendiri untuk menampung audiens virtual Anda. Twitter memungkinkan Anda membuat akun khusus untuk acara Anda. Anda dapat melakukan hal yang sama di Linkedin melalui halaman grup, sementara Facebook memberi Anda manfaat tambahan untuk membuat daftar acara Anda sendiri.
Tujuan dari grup ini adalah untuk membangun keterlibatan dengan audiens Anda yang sudah ada (yaitu orang-orang yang sudah hadir atau ingin hadir) dan mendorong mereka untuk berbagi dan berkontribusi pada diskusi. Posting Anda kemudian akan dibuka untuk audiens yang sama sekali baru.
Jika Anda ingin melangkah lebih jauh, mengapa tidak mencoba opsi iklan berbayar mereka? Twitter, Facebook, dan Linkedin semuanya memiliki alat untuk menyebarkan pesan ke audiens tertentu. Sebagian besar dari alat ini akan mengharuskan Anda membayar untuk penayangan, klik, dan penjualan melalui anggaran yang telah ditentukan sebelumnya, yang berarti Anda hanya membayar untuk hasil yang Anda peroleh.
Cara mempromosikan acara melalui tampilan online
Penargetan ulang melalui tampilan daring mungkin merupakan salah satu cara paling efektif untuk melibatkan peserta yang telah menunjukkan minat pada acara Anda. Platform seperti Google AdWords memberi Anda kesempatan untuk menampilkan iklan kepada orang-orang yang telah mengunjungi situs web Anda tetapi gagal mendaftar untuk mendapatkan izin. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menjalankan Google Analytics di situs web Anda.
Pilihan lainnya adalah menggunakan jaringan periklanan untuk menjangkau khalayak yang mungkin pernah menghadiri acara serupa. Ini mungkin ide yang bagus jika Anda ingin meningkatkan kesadaran tentang sesuatu yang baru.
Cara mempromosikan acara melalui pencarian berbayar
Iklan pencarian berbayar atau ‘bayar per klik’ (PPC) adalah metode lain untuk menargetkan ulang audiens yang mengunjungi situs Anda. Melalui pendekatan ini, situs web Anda akan muncul di hasil teratas bagi orang-orang yang mengetik kata dan frasa tertentu di Google.
Saat mempromosikan acara melalui PPC, pastikan untuk menggunakan pesan yang sensitif terhadap waktu (misalnya, “penawaran tiket berakhir dalam tiga hari – jangan sampai ketinggalan!”). Beberapa acara bahkan akan memasang kampanye mereka di inventaris tiket mereka untuk menunjukkan jumlah tiket yang tersedia. Jika seseorang tahu hanya ada “3 tiket tersisa”, mereka mungkin lebih cenderung memesan tempat.
Cara mempromosikan suatu acara melalui agenda
Alat promosi terbaik Anda bisa jadi ada di dekat Anda. Hal ini khususnya berlaku untuk acara-acara yang menghadirkan pembicara, sponsor, atau peserta yang memiliki pengaruh besar.
Setiap pembicara yang memiliki banyak pengikut di akun media sosial mereka harus diminta untuk mempromosikan acara Anda . Taktik ini sangat berharga sehingga acara akan menyertakannya dalam kontrak pembicara mereka. Yang lain akan menghubungi influencer di sekitar industri mereka untuk mempromosikan acara mereka dengan imbalan tiket gratis. Atau, Anda selalu dapat meminta bantuan dari sponsor dan peserta pameran Anda.
Cara mempromosikan acara dengan cara yang cerdas
Terlepas dari cara Anda meningkatkan kesadaran akan acara Anda, sebaiknya Anda mengingat beberapa prinsip inti. Saran kami adalah:
- Berinvestasilah pada saluran dan platform yang selaras dengan audiens Anda.
- Gunakan media cetak jika memungkinkan, tetapi jangan lupakan media daring.
- Bergabunglah dengan format iklan yang memungkinkan Anda membayar berdasarkan kinerja (misalnya klik, penjualan)
- Masukkan data ke dalam kampanye Anda untuk menargetkan orang-orang yang benar-benar penting.