Mencari Sponsor? Cara Menemukan Pendukung untuk Acara Anda

Mencari Sponsor? Cara Menemukan Pendukung untuk Acara Anda

Mencari Sponsor? Cara Menemukan Pendukung untuk Acara Anda

Sebagian besar acara membutuhkan sponsor untuk memastikan bahwa acara tersebut layak secara finansial untuk diselenggarakan. Bagi acara yang beroperasi melalui model berbasis tiket, sponsorship tetap layak dipertimbangkan sebagai cara untuk mendapatkan anggaran tambahan, yang dapat memberikan perbedaan nyata pada kualitas pembicara, tempat, dan pengalaman yang dapat Anda tawarkan.

Mencari sponsor tidaklah mudah, tetapi setiap acara pasti memiliki pendukung yang ideal – mereka hanya perlu menemukannya. Mari kita bahas beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyelesaikan tugas yang rumit namun bermanfaat ini.

Alat sosial

Saat ini, kita memiliki akses tak terbatas ke sponsor potensial melalui platform sosial seperti Twitter, Facebook, dan Linkedin. Alat gratis ini memberi Anda kemewahan untuk mencari melalui daftar demi daftar orang, sering kali dengan menyertakan jabatan dan nama perusahaan mereka, dan alat pencari email akan membantu Anda mencari informasi email mereka yang memungkinkan Anda untuk terhubung dengan mereka hingga Anda menemukan seseorang yang layak diajak bicara.

Simpan Tanggal pada kubus kayu dengan latar belakang perusahaan - Mencari Sponsor? Cara Menemukan Pendukung untuk Acara Anda

Jika Anda mencari sponsor tetapi tidak dapat membayangkan tipe personel yang tepat, berikut ini sedikit daftar periksa yang dapat dilakukan:

  • Perusahaan yang tepat? Cobalah untuk memasangkan acara Anda dengan bisnis yang memiliki semacam hubungan dengan topiknya. Misalnya, jika saya menyelenggarakan festival sastra, saya akan mulai dengan mencari dukungan dari penerbit atau penjual buku, seperti Amazon atau Waterstones.
  • Posisi yang tepat? Pastikan untuk berbicara dengan orang yang memiliki wewenang untuk menyetujui paket sponsor. Manajer humas adalah tempat yang baik untuk memulai, tetapi acara juga termasuk dalam kewenangan kepala pemasaran dan penjualan. Fokus pada para pengambil keputusan dan alihkan hanya ketika Anda diberi tahu tentang orang yang lebih relevan untuk dihubungi.
  • Sasaran yang tepat? Jika Anda mengetahui jenis perusahaan yang akan dituju, mengapa tidak mengunjungi akun sosial mereka untuk melihat apakah mereka juga ikut serta dalam acara lain? Wawasan ini bahkan dapat membantu Anda menyesuaikan promosi Anda saat Anda akhirnya berbicara dengan mereka. 

Acara yang bersaing

Analisis pesaing bisa dibilang merupakan salah satu tugas terpenting yang harus dilakukan saat mencari sponsor. Sederhananya – jika seseorang mendukung acara pesaing Anda , mengapa mereka tidak melakukan hal yang sama untuk acara Anda?

Beberapa perusahaan mengambil langkah lebih jauh dengan mencari sponsor di area pameran pesaing mereka. Kami menyarankan untuk tidak menggunakan taktik apa pun yang dapat dianggap ‘licik’, tetapi menghadiri acara serupa adalah bentuk penelitian yang sangat valid. Ditambah lagi, jika subjek Anda sangat spesifik, daftar sponsor Anda mungkin akan berbentuk serupa dengan pesaing Anda karena kurangnya pilihan yang tersedia.

Kelompok pebisnis muda multietnis menggunakan laptop saat rapat di aula konferensi - Mencari Sponsor? Cara Menemukan Pendukung untuk Acara Anda

Peserta sebelumnya

Jika Anda pernah menyelenggarakan acara serupa (dalam skenario terbaik, ini akan menjadi edisi tahun lalu dari acara yang sama yang Anda kelola) Anda akan memiliki tambang emas data untuk digunakan dalam upaya perekrutan sponsor Anda.

Peserta yang berbeda akan memerlukan pendekatan yang berbeda. Sponsor acara yang bersaing harus menjadi yang pertama menerima email atau panggilan telepon yang dipersonalisasi, mengundang mereka untuk hadir dan berpotensi menjadi sponsor. Selain itu, Anda harus menyertakan pengingat tentang paket sponsor dalam komunikasi pemasaran email rutin Anda.

Mencari sponsor melalui data pihak pertama Anda lebih alami daripada menghubungi orang yang tidak Anda kenal, terutama karena mereka seharusnya sudah mengenali acara Anda dan apa yang ditawarkannya.

Gunakan iklan cerdas

Pihak acara suka merahasiakan rencana mereka dan memilih untuk tidak memberi tahu calon peserta secara massal bahwa mereka membutuhkan dukungan finansial.

jutawan bisnis atas dolar putih yang turun - Mencari Sponsor? Cara Menemukan Pendukung untuk Acara Anda

Bila Anda mencari sponsor melalui iklan, Anda harus lebih taktis dan benar-benar menganalisis isi pesan Anda. Misalnya, saya mempromosikan festival sastra yang saya sebutkan tadi melalui iklan bergambar. Saya mungkin menyertakan informasi berikut:

  • Perayaan para penulis Inggris
  • Tiket terjual dengan cepat
  • Di Balai Agung London

Hal ini lebih banyak berfokus pada mendorong penjualan tiket; mendorong pembelian berdasarkan tiket yang cepat habis terjual. Mari kita terapkan perubahan sponsorship pada acara yang sama:

  • 10.000 peserta
  • Acara sastra terbesar di dunia
  • Menampilkan bakat menulis terbaik di Inggris
  • Festival Sastra Inggris.

Angka numerik memberikan indikasi data dan audiens yang diharapkan oleh sponsor. Referensi mengenai statusnya (“terbesar di dunia”) dan kualitasnya (“bakat menulis terbaik”) juga memberikan keunggulan yang dapat dipercaya – yang dapat diterima oleh sponsor.

Lebih baik lagi, jika Anda sudah memiliki sponsor yang terdaftar dan menginginkan lebih, mengapa meminta untuk menggunakan logo mereka dalam kampanye Anda? Setiap perusahaan memiliki pesaingnya. Jika salah satu perusahaan Anda ikut serta dalam acara terbesar di industri Anda, tidakkah Anda akan mempertimbangkan untuk melakukan hal yang sama demi menjaga reputasi Anda?

Mencari sponsor tidaklah mudah. ​​Beberapa acara memang membutuhkan seni yang hebat, tetapi terlepas dari siapa Anda dan apa yang Anda hasilkan, akan selalu ada perusahaan yang secara aktif mencari peluang seperti yang dapat Anda berikan. Anda hanya perlu mencari di tempat yang tepat.

Leave A Comment

Apapun yang Anda Butuhkan Kami Siap Membantu!

X
Buka chat
1
Butuh Bantuan?
Scan the code
Halo 👋
Ada yang bisa kami bantu?