
ROE Vs ROI Dalam Strategi Acara
Acara, baik langsung, virtual, atau hybrid, merupakan sebuah investasi. Artinya, menyelenggarakan acara yang hebat bukanlah segalanya.
Untuk mencapai kesuksesan jangka panjang yang berkelanjutan, Anda harus mengukur kinerja acara Anda.
Inilah sebabnya bisnis menggunakan Indikator kinerja utama (KPI) seperti laba atas investasi (ROI) untuk menghitung laba atas uang yang diinvestasikan.
Sementara rasio tersebut membantu kita mengukur hasil kita…
Angka bukanlah segalanya.
Di masa lalu, profitabilitas hanya bergantung pada berapa banyak penjualan yang dihasilkan acara Anda.
Namun, itu tidak akan berhasil untuk hari ini.
Dengan kemajuan media sosial, ada banyak faktor psikologis yang berperan.
Jadi, untuk mengetahui secara akurat keberhasilan strategi acara Anda, Anda perlu mengukur empati.
Anda perlu kembali pada emosi (ROE).
Meskipun ROI dan ROE sama-sama merupakan KPI, apa yang membedakannya?
Mari kita cari tahu di bawah ini.
Apa itu Pengembalian Investasi (ROI)?
Baik untuk suatu acara atau merek Anda secara keseluruhan, memahami kinerja bisnis Anda adalah hal yang penting.
Sebab jika Anda tidak tahu apa kekurangan Anda, Anda tidak dapat berharap untuk membuat kemajuan apa pun.
Pengembalian investasi (ROI) adalah KPI yang umum digunakan oleh manajemen acara untuk mengetahui seberapa baik kinerja investasi mereka.
Pengukuran ini sangat bagus untuk memantau profitabilitas jangka panjang suatu bisnis. Karena memungkinkan Anda membandingkan kinerja Anda saat ini dengan tahun-tahun sebelumnya.
Menggunakan RASIO NUMERIK YANG DITENTUKAN membantu MENGHILANGKAN KETIDAKPASTIAN dari persamaan .
Anda dapat mengetahui dengan pasti seberapa baik, misalnya, strategi Anda dalam menjual tiket berhasil.
Masukkan saja angka-angkanya dan Anda akan mendapatkan jawabannya.
Tidak peduli apa ukuran atau sifat acara Anda, ROI adalah cara termudah dan efektif untuk menentukan keberhasilan finansial Anda.
Apa itu Return on Emotions (ROE)?
Pengembalian atas emosi (ROE) adalah kebalikan dari ROI.
Alih-alih memberi bobot penuh pada angka untuk memperoleh keuntungan, ROE mempertimbangkan emosi, keinginan, dan kebutuhan audiens.
Menurut Harvard Business Review ,
“Pelanggan yang terhubung secara emosional membeli lebih banyak produk dan layanan Anda, lebih sering mengunjungi Anda, tidak terlalu sensitif terhadap harga, lebih memperhatikan komunikasi Anda, mengikuti saran Anda, dan lebih merekomendasikan Anda—semua hal yang Anda harapkan akan mendorong mereka untuk melakukan hal tersebut melalui pengalaman mereka dengan Anda.”
Peserta acara Anda bukan sekadar angka. Anda harus mengakui bahwa orang-orang menggunakan emosi mereka untuk membuat keputusan yang sepenuhnya rasional dalam hidup. Dan ini juga berlaku dalam hal keputusan pembelian.
95% keputusan pembelian yang dibuat dipengaruhi oleh emosi dan bukan logika.
ROE memungkinkan Anda melihat KORELASI antara upaya dan sumber daya yang Anda investasikan dalam acara Anda dan keterlibatan serta kepuasan emosional yang diperoleh pengunjung acara Anda dari investasi ini.
Semakin puas peserta dengan acara Anda, semakin dekat Anda dalam mencapai target keuangan.
ROE Vs ROI: Bagaimana Mereka Mengukur Kinerja Acara?
laba atas investasi (ROI)
Menghitung dan menafsirkan ROI relatif mudah.
Anda harus membagi hasil, dalam bentuk keuntungan, dengan total biaya investasi Anda.
Jawaban yang Anda peroleh bisa dalam bentuk rasio atau persentase.

Jika angka yang dihasilkan positif, acara Anda telah memperoleh keuntungan.
Sebaliknya, angka negatif menunjukkan kerugian.
Jadi, misalnya, jika Anda menyelenggarakan acara pameran dagang, Anda dapat menentukan ROI seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
KIJANG
Pengembalian atas emosi adalah suatu ukuran yang bergantung bukan pada kuantitas tetapi kualitas .
Oleh karena itu, mengevaluasi rasio ini memerlukan upaya lebih besar.
Untuk mengukur seberapa baik strategi acara Anda berhasil menciptakan dampak emosional yang positif pada peserta, Anda perlu mengajukan beberapa pertanyaan seperti:
- Apakah Anda menikmati acaranya?
- Apa yang Anda rasakan saat menghadiri acara tersebut?
- Apa pendapat mereka tentang merek Anda setelah menghadiri acara tersebut?
- Apakah Anda mempertimbangkan untuk menghadirinya lagi?
- Apakah Anda akan merekomendasikan acara ini kepada teman?
Selain itu, Anda juga dapat mengajukan pertanyaan kepada peserta yang lebih relevan dengan lini bisnis spesifik Anda.
Mengumpulkan Hasil
Untuk hasil yang lebih efisien, bisnis menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan umpan balik dari audiens.
Selama acara berlangsung, penyelenggara dapat berbicara langsung dengan peserta tentang pengalaman mereka. Mereka dapat menyertakan kotak saran tempat peserta menuliskan apa yang mereka sukai dan tidak sukai dari acara tersebut.
Setelah acara selesai, survei dan jajak pendapat daring juga dapat dilakukan. Untuk itu, Anda harus menghubungi peserta acara melalui email.
Demikian pula, periksa umpan balik, komentar, dan ulasan dari peserta tentang acara Anda di media sosial.
Dengan kemajuan teknologi, bisnis menggunakan cara inovatif untuk menentukan ROE.
Jadi, jika Anda menginginkan solusi yang lebih canggih, Anda dapat mengikuti jejak perusahaan seperti FC2events . Mereka bahkan telah mengembangkan sistem untuk membaca otot wajah audiens mereka guna mengukur kepuasan pelanggan.
Secara keseluruhan, langkah-langkah ini membantu mengidentifikasi bagaimana orang bereaksi terhadap acara Anda. Selain itu, langkah-langkah ini juga menunjukkan area yang perlu ditingkatkan.
Bagaimana Strategi Acara dan ROI Terkait?
Mengukur laba atas investasi memberikan gambaran yang jelas kepada manajemen tentang seperti apa kesuksesan.
Memiliki nilai numerik yang pasti adalah kunci untuk mempertimbangkan apakah strategi acara berjalan sesuai rencana atau tidak.
Ini juga membantu menguji seberapa sukses strategi tersebut dibandingkan dengan kinerja masa lalu dan apakah strategi tersebut cocok untuk bisnis.
Jadi pada dasarnya , ROI memungkinkan penyelenggara mengidentifikasi strategi acara mana yang berhasil dan mana yang tidak .
Dengan demikian, ia membedakan strategi acara yang baik dari yang gagal.
Manfaat ROI
ROI merupakan KPI yang telah teruji dan terbukti. ROI memiliki berbagai keunggulan, termasuk:
- Indikator Pengeluaran
Manfaat ROI yang terbesar dan paling nyata ialah bahwa ROI merupakan indikator yang jelas tentang di mana Anda perlu berinvestasi lebih banyak.
Jika hasilnya positif, strategi Anda berjalan dengan baik. Namun jika hasilnya negatif, saatnya menginvestasikan dana Anda di tempat lain.
- Perekrutan Staf
Setelah acara berakhir, Anda dapat melihat dampak penambahan atau pengurangan staf terhadap pengeluaran.
Mencatat langkah ini merupakan ide yang bagus untuk memahami karyawan mana yang perlu dipertahankan dan karyawan mana yang perlu dilepaskan.
- Strategi pemasaran
Strategi selalu merupakan pekerjaan yang terus berjalan.
Jadi, setelah Anda memperoleh rasio yang dihasilkan , setelah acara berakhir, Anda dapat mengubah strategi pemasaran acara Anda untuk memperoleh hasil yang lebih tinggi di lain waktu.
- Strategi penjualan
Baik itu penjualan tiket maupun omzet barang dagangan, perhitungan laba membantu dalam mengetahui area bisnis mana yang paling menguntungkan.
Mengetahui kekuatan dan kelemahan bisnis Anda penting untuk membuat strategi penjualan yang sukses.
Kekuatan Emosi dan ROE
Untuk acara apa pun, tidak ada yang lebih berharga daripada mengetahui apa yang dirasakan peserta saat mereka menghadiri seminar.
Orang-orang memiliki keinginan bawaan untuk terhubung dengan merek yang mereka pikir benar-benar memahami mereka.

Misalnya, pikirkan acara Tony Robbins ‘Unleash the Power Within’ yang terkenal.
Banyak orang berbondong-bondong menghadiri sesi tiga hari itu untuk menikmati nyanyian keras, tarian, dan berbagai kegiatan yang menyenangkan.
Anehnya, Anda hanya akan melihat dua jenis ulasan untuk seminar ini. Peserta memuji seminar tersebut atau mereka benar-benar membencinya.
Itu mungkin membuat Anda bertanya, mengapa acara Tony Robbins memicu reaksi yang begitu kuat dari orang-orang?
Alasannya karena ia melibatkan emosi.
Hal ini menargetkan perasaan penonton, sehingga mendapatkan fokus dan perhatian penuh mereka. Dan ini membuat acara tersebut berkesan, baik dalam hal baik maupun buruk.
Manfaat ROE
Meskipun tidak ada jalan pintas untuk mengukur emosi, ROE memainkan peran penting dalam mendekatkan Anda dengan pengunjung acara dengan cara berikut:
- Memahami Audiens Anda
Pentingnya berbagi ikatan yang kuat dengan peserta acara Anda tidak dapat dilebih-lebihkan.
Bila Anda tahu bagaimana tindakan Anda memengaruhi sentimen basis konsumen Anda, Anda dapat mengendalikan hasil strategi acara Anda dengan lebih baik.
Menurut perusahaan Nielsen, upaya pemasaran dengan konten emosional menunjukkan peningkatan pendapatan penjualan sebesar 23% dibandingkan dengan iklan rata-rata.
- Mendorong Penjualan
Orang-orang menunjukkan reaksi 70% lebih tinggi dalam menanggapi kampanye pemasaran emosional daripada kampanye pemasaran biasa .
Ini menunjukkan bahwa emosi dan perasaan secara langsung memengaruhi jumlah penjualan yang dihasilkan acara Anda.
Tidak peduli apa pun jenis acaranya, akan selalu bermanfaat untuk menambahkan sesuatu yang sentimental di dalamnya.
- Membentuk Koneksi
Salah satu faktor utama untuk meningkatkan laba bisnis secara keseluruhan adalah menjalin hubungan kuat dengan pelanggan Anda.
Meskipun memuaskan audiens itu penting, orang-orang yang terlibat secara emosional dalam acara merek Anda akan mendapatkan keuntungan dua kali lipat . Itu karena acara yang didorong oleh emosi menghasilkan lebih banyak keuntungan daripada pesaingnya.
- Mendapatkan Reaksi yang Kuat
Membangun dan memelihara hubungan yang dalam dan tulus dengan peserta acara akan menumbuhkan kepercayaan terhadap merek dan acara Anda.
Dan Anda dapat menggunakan pemahaman dan kepercayaan ini untuk memajukan upaya pemasaran acara Anda.
Khususnya, di masa pandemi saat ini, suara positif dan suportif seperti “kami di sini untuk Anda” akan membuat Anda tampak lebih berempati terhadap audiens. Dengan demikian, akan muncul respons emosional yang lebih kuat dari audiens.
ROI dan ROE: Bertemu di Tengah Jalan
Metrik ROI penting untuk memperoleh semua angka. Namun, metrik ini sendiri tidak memberikan informasi yang lengkap.
Di era digital tahun 2021, pengalaman dalam menyelenggarakan acara menjadi lebih penting dari sebelumnya. Inilah yang membuat satu acara benar-benar unik dari yang lain.
Untuk membuat strategi acara yang efektif dan berkinerja baik di setiap area, Anda perlu memenuhi semua persyaratan.