14 Fakta Menarik tentang Acara Virtual yang Tidak Anda Ketahui

14 Fakta Menarik tentang Acara Virtual yang Tidak Anda Ketahui

14 Fakta Menarik tentang Acara Virtual yang Tidak Anda Ketahui

Di tengah pandemi yang sedang berlangsung, jumlah organisasi yang merencanakan acara virtual meningkat dua kali lipat .

Namun pertanyaannya adalah – haruskah Anda mengikuti tren baru ini?

Apakah acara tersebut bermanfaat seperti acara langsung? Atau apakah acara virtual hanya membuang-buang waktu dan uang?

Baiklah, artikel ini akan memberikan Anda semua jawabannya. 

Berikut adalah daftar 14 fakta penting tentang acara virtual untuk menjernihkan suasana dan membantu Anda memutuskan apakah berinvestasi dalam acara virtual layak dilakukan. 

  • Acara Virtual Dapat Menghasilkan Lebih Banyak Keuntungan daripada Acara Langsung

Acara virtual memberi Anda peluang besar untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan melalui sesi Anda. 

Tapi bagaimana caranya?

Ya, menyelenggarakan acara seperti ini jauh lebih murah daripada acara langsung. Acara seperti ini tidak menuntut investasi dalam ruang pertemuan yang mewah, katering, sumber daya manusia yang besar, dan biaya perjalanan pembicara seperti acara langsung.

Namun, beberapa orang melewatkan kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dengan menurunkan harga tiket. Jangan lakukan itu!

“Jangan ragu untuk mengenakan biaya yang sama untuk acara virtual seperti yang Anda kenakan untuk acara langsung.” – Rachel dari Hello7

Dengan jumlah peserta yang sama, Rachel menghasilkan laba $87.000 lebih banyak melalui penyelenggaraan acara virtual. Berikut ini adalah rincian menarik antara acara virtual dan acara langsungnya.

Bagan perbandingan antara acara virtual dengan acara langsung termasuk total biaya, laba atas investasi (ROI), dan keuntungan
Sumber: HelloSev en

Bisa jadi ANDA juga!

Satu-satunya hal yang perlu dilakukan untuk memanfaatkan peluang ini adalah mengubah pola pikir Anda . Tujuan utama para peserta bukanlah untuk duduk di lingkungan yang mewah atau menyantap makanan hotel bintang lima. Sebaliknya, mereka ingin mendapatkan nilai tambah dari suatu acara.

Jadi, intinya adalah – Anda mengenakan biaya sesuai nilai yang Anda berikan . Jika Anda memberikan nilai yang sama dalam acara virtual, mengapa mengenakan biaya lebih rendah?

  • Acara Virtual adalah Sumber Hebat untuk Meningkatkan Pemasaran Bisnis  

Saat ini, bisnis yang melakukan pemasaran yang dipersonalisasi lebih mungkin berhasil. Dan acara virtual menyediakan lebih banyak peluang untuk melakukan itu, daripada acara langsung.

Bagaimana?

Masalah yang dialami semua peserta tidak boleh sama. Mereka memerlukan tindak lanjut, bimbingan, dan materi yang relevan dengan minat mereka. Di sinilah acara virtual menjadi sangat berguna.

Perangkat lunak rapat virtual tingkat lanjut memberikan wawasan tentang interaksi peserta. Anda dapat menganalisis wawasan tersebut untuk mengetahui minat peserta. 

Di sini, permainan sesungguhnya dimulai. 

Berdasarkan analisis, Anda dapat mengirimkan email tindak lanjut dan materi kepada peserta sesuai dengan minat mereka. Pendekatan ini cenderung menghasilkan ajakan bertindak yang lebih tinggi. 

Hasilnya – LEBIH BANYAK KEUNTUNGAN !

Selain itu, Anda dapat melangkah lebih maju dengan melakukan jajak pendapat atau survei pada saat pendaftaran. Data ini akan membantu Anda menyusun strategi tindak lanjut yang dipersonalisasi.

  • Acara Virtual Membebaskan Anda dari Kendala Geografis 

Memang, acara virtual membebaskan kita dari batasan geografis. Siapa pun dari belahan dunia mana pun dapat menghadiri acara virtual dari rumah mereka yang nyaman. 

Namun bagaimana dengan pengaturan waktu? Banyak pemula yang mengabaikan faktor pengaturan waktu.

Namun, keberhasilan acara Anda sangat bergantung padanya!

Anda harus menahan diri untuk tidak memilih hari libur akhir pekan, atau hari-hari penyelenggaraan acara budaya, keagamaan, atau olahraga besar. 

Yang terpenting, jika audiens potensial Anda bersifat internasional maka lakukan analisis mendalam secara individual untuk semua wilayah geografis.

Ini akan membantu Anda memilih hari dan waktu yang tepat untuk acara Anda – Membawa kesuksesan acara .

  • Acara Virtual Dapat Memberikan Data yang Lebih Baik daripada Acara Tradisional

Di era digital saat ini, data merupakan tulang punggung untuk menjalankan bisnis apa pun dengan sukses. Baik Anda ingin melakukan pemasaran, up-selling, retargeting, atau menarik prospek baru, ANDA MEMBUTUHKAN DATA audiens target Anda. 

Di sini, acara virtual sangat membantu.

Mereka memberi Anda data yang bermanfaat untuk membuat bisnis Anda lebih baik. Tapi bagaimana caranya?

Acara virtual memungkinkan Anda menganalisis tayangan streaming, profil pembicara yang paling banyak dikunjungi, interaksi peserta, tingkat keterlibatan jajak pendapat langsung, dan lain sebagainya. Semua data ini dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk bisnis Anda saat Anda mengetahui minat dan permintaan audiens Anda. 

Statistik ini juga dapat membantu merancang strategi yang lebih baik untuk acara virtual mendatang. Karena acara virtual tampaknya akan bertahan lebih lama dalam situasi COVID saat ini.

  • Dalam Acara Virtual, Kualitas Suara Lebih Penting Daripada yang Anda Pikirkan

Kita semua tahu bahwa Anda tidak dapat menyelenggarakan acara virtual dengan lancar tanpa memiliki koneksi internet yang baik. 

Namun apa saja faktor lainnya yang mengganggu penonton?

Apakah latar belakangnya berantakan, kameranya jelek, atau audionya jelek?

Nah, penelitian Markletic mengungkapkan bahwa setelah koneksi yang buruk, audio yang buruk merupakan gangguan terbesar pada acara virtual .

gangguan pada acara virtual.
Sumber: Marketlet ic

Jadi, jangan mengandalkan mikrofon laptop. Sebaliknya, belilah mikrofon yang bagus untuk membuat audiens Anda senang. 

Selain itu, untuk acara virtual yang menampilkan banyak pembicara, pastikan semua pembicara Anda memiliki koneksi, kamera, dan mikrofon yang baik.

Selain itu, menyajikan latar belakang yang jelas tidak akan merugikan Anda, tetapi akan membuat peserta tetap fokus. 

  • Memiliki Pembicara Tamu Terkenal Dapat Membuat Acara Anda Lebih Sukses 

Sebuah survei yang dilakukan oleh Wild Apricot mengungkapkan bahwa mengatur pembicara tamu untuk acara virtual dapat berkontribusi besar terhadap kesuksesan suatu acara.

“70% organisasi yang memiliki jumlah pengunjung yang “jauh lebih banyak” di acara virtual mereka daripada yang hadir di acara langsung, menghadirkan pembicara tamu.”

Aprikot Liar

Di sini, cara kami adalah berkolaborasi dengan tokoh-tokoh terkenal di industri Anda . Orang-orang zaman sekarang senang mendengar dan belajar dari tokoh-tokoh terkenal.

Selain itu, mengintegrasikan tokoh-tokoh yang dominan dalam rencana pemasaran Anda dapat menghasilkan keajaiban. Ini adalah cara yang luar biasa untuk menarik penggemar mereka ke acara daring Anda.

  • 27% Bisnis Tidak Menggelar Acara Virtual karena Kurangnya Pengetahuan Pemasaran

Oke, Anda tahu bahwa Anda sedang menyelenggarakan acara virtual. Namun, bagaimana audiens potensial Anda mengetahuinya? 

Pemasaran adalah kekuatan pendorongnya. 

Sayangnya, 27% bisnis yang tidak menyelenggarakan acara virtual mengatakan bahwa hal ini disebabkan oleh,

“Kami tidak tahu bagaimana cara mengajak peserta untuk menghadiri acara virtual.” – Wild Apricot

Namun, Anda dapat mengeluarkan bisnis Anda dari kategori ini. Bagaimana caranya?

Awalnya, Anda harus jelas tentang 2 hal ini.

  • Calon Pemirsa : Anda harus tahu siapa calon pelanggan Anda. Memiliki persona pemirsa yang baik adalah langkah pertama. 
  • Proposisi Nilai : Kedua, jawab pertanyaan ini: “Mengapa mereka harus menghadiri acara Anda?” Menyebutkan proposisi nilai akan membantu Anda menguasai pemasaran.

Setelah meletakkan fondasi yang kokoh ini, gunakan berbagai media pemasaran. Bisa berupa media sosial, email, landing page, iklan berbayar, dan banyak lagi. 

  • Berjejaring Dapat Dilakukan dalam Acara Virtual – Mungkin Lebih Baik!

Ada pepatah umum yang mengatakan bahwa jaringan Anda adalah kekayaan bersih Anda. 

Kebanyakan orang menghadiri acara langsung untuk menambah koneksi profesional mereka. Namun, tampaknya sulit bagi orang untuk membangun koneksi dalam acara virtual. Namun, kenyataannya tidak demikian. 

Acara virtual memungkinkan peserta menyimpan catatan orang-orang yang berinteraksi dengan mereka. Nantinya, terhubung dengan mereka di LinkedIn selalu menjadi pilihan.

Kiat Pro: Dengan menggunakan perangkat lunak kecerdasan buatan untuk acara virtual, Anda dapat meningkatkan jaringan ke tingkat berikutnya. Platform canggih membantu menciptakan koneksi yang lebih baik dengan menganalisis minat dan pola interaksi peserta. 

  • 60 hingga 90 Menit adalah Waktu Ideal untuk Diskusi Meja Bundar Virtual 

Diskusi meja bundar memainkan peran penting dalam membuat keputusan yang lebih baik. Namun, dalam pandemi ini, bisnis beralih dari sesi langsung ke sesi virtual.

Pertanyaan yang muncul adalah… Kapan waktu yang ideal untuk diskusi meja bundar virtual? 

Penelitian itu mengungkap sebuah jawaban.

waktu yang ideal untuk sesi virtual
Sumber: Marketlet ic

Untuk mengefektifkan 60 menit Anda, kami sarankan Anda membagi sesi menjadi tiga sub-sesi.

  • Luangkan waktu awal 10 menit untuk menjelaskan situasi terkini secara singkat.
  • 40 menit berikutnya dapat digunakan untuk membahas hal-hal krusial.
  • Dalam 10 menit terakhir , Anda dapat menyimpulkan seluruh sesi dan memberikan daftar ajakan bertindak untuk masa mendatang. 
  • Live Hangout adalah Taktik yang Kurang Dihargai namun Paling Berhasil untuk Melibatkan Audiens

Tuan rumah biasanya membuka diskusi, melakukan tanya jawab, dan melakukan survei untuk melibatkan pesertanya. 

Namun, survei oleh Wild Apricot mengungkapkan bahwa mengadakan hangout langsung sebelum/sesudah acara virtual adalah cara paling ampuh untuk melibatkan peserta.

“73% organisasi yang menggunakannya hampir 15x lebih sukses daripada jumlah organisasi yang tidak berhasil karena tidak menggunakan taktik ini!” – Wild Apricot

Hangout langsung memberikan kesan asli Anda kepada audiens, mendorong komunikasi secara langsung, dan membangun kredibilitas. Semua itu memaksimalkan prospek dan penjualan yang meroket.

  • Situs Web adalah Sumber Teratas untuk Menarik Klien Baru untuk Acara Virtual

Ada puluhan sumber daya digital untuk mendatangkan klien/peserta baru. Namun, menggunakan situs web secara efektif akan melampaui semuanya.

Menurut Markletic ,

“80% penyelenggara acara virtual menggunakan situs web untuk mendorong pendaftaran yang signifikan.”

Wild Apricot memperkuat penelitian ini dengan menyatakan bahwa sebagian besar organisasi keanggotaan yang menikmati lebih dari 50% anggota baru menggunakan posting situs web.

Situs Web adalah Sumber Teratas untuk Menarik Klien Baru untuk Acara Virtual
Sumber: WildAprico t

Anda dapat menggunakan kiriman tamu, berinvestasi dalam pemasaran berbayar, atau memanfaatkan SEO untuk menarik pelanggan baru ke situs web Anda. 

  • Mempromosikan Halaman Donasi Sepanjang Acara Virtual adalah Taktik Donasi yang Kurang Digunakan

Ketika organisasi nirlaba berpikir tentang menghasilkan lebih banyak pendapatan, menaikkan harga tiket adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran.

Menurut penelitian, hanya 25% organisasi yang menggunakannya.

Namun, mempromosikan halaman donasi bisa sangat membantu.

Dalam hal ini, mengambil beberapa langkah efektif dapat mempercepat proses donasi.

  • Jadikan Halaman Donasi Dapat Dibagikan: Jangan batasi donasi hanya untuk peserta Anda. Anda dapat menyebarkan pesan Anda ke ribuan orang lain hanya dengan membuat halaman donasi Anda dapat dibagikan.
  • Permudah Proses Donasi: Permudah proses donasi bagi peserta Anda. Mereka harus dapat berdonasi hanya dalam beberapa klik.
  • Streaming Langsung Lebih Kuat daripada Video yang Direkam Sebelumnya

Dalam acara virtual, Anda dapat menggunakan streaming langsung atau rekaman video. Cara terakhir tampaknya mudah, tetapi interaksi tetap lebih kuat dalam sesi langsung. 

Menurut Profesor Pemasaran , pengguna media sosial terlibat 10x lebih banyak pada siaran langsung daripada video rekaman.

Ini menggambarkan psikologi umum pikiran manusia. Mungkin, siaran langsung memicu rasa takut ketinggalan di antara penonton. 

Rachel juga menyarankan untuk tidak pernah mengirimkan rekaman kepada peserta yang tidak hadir di acara virtual. Ini adalah acara, bukan webinar yang dapat diputar ulang. 

  • Melibatkan Peserta adalah Tantangan Tersulit untuk Acara Virtual

49% pemasar melaporkan bahwa melibatkan audiens adalah faktor utama dalam menentukan keberhasilan acara virtual.

Secara realistis, hal ini lebih sulit daripada acara langsung. Karena Anda tidak memiliki penonton di depan Anda secara fisik.

Berikut adalah beberapa taktik untuk membuka tingkat keterlibatan audiens yang tinggi.

  • Jelaskan Apa & Mengapa: Dasarnya adalah menjelaskan apa yang diinginkan audiens Anda dan mengapa mereka menginginkannya. Dengan adanya dua hal ini, Anda akan dapat menyusun konten secara tepat sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Berikan Kesenangan dengan Aktivitas Fisik: Rentang perhatian manusia telah turun menjadi 8 detik. Ini berarti Anda perlu menjaga fokus mereka. Jadi, daripada hanya membatasi sesi Anda pada layar komputer – lakukan yoga atau meditasi.

Leave A Comment

Apapun yang Anda Butuhkan Kami Siap Membantu!

X
Buka chat
1
Butuh Bantuan?
Scan the code
Halo 👋
Ada yang bisa kami bantu?